WorkShop - AkuOra Blog's

Latest

BANNER 728X90

Sunday, July 15, 2012

WorkShop


1.    Hidupkan komputer dan login dengan mengisikan user name dan password yang telah disediakan
2.    Pastikan komputer yang saudara hadapi memiliki ikon Network Neibourhood pada desktopnya (Jika belum harap lapor pada asisten atau administrator).
3.    Klik satu kali ikon tersebut kemudian klik kanan dan pilih “properties”.
4.    Setelah muncul dialog Network, kemudian pada group Configuration lakukan pengecekan komponen yang terinstalasi. Catat masing-masing komponen tersebut.
5.    Pastikan bahwa komponen yang terinstalasi tersebut terdapat TCP/IP komponen (Jika tidak ada harap lapor ke asisten atau administrator).
6.    Klik komponen TCP/IP tersebut dan kemudian klik tombol properties. Setelah muncul dialog TCP/IP Properties kemudian pilihlah IP Address. Catat IP address komputer saudara beserta subnet mask. Setelah itu klik tombol cancel (jika komputer saudara belum memiliki IP Address segera lapor ke asisten atau administrator).
7.    Kemudian pindah ke group Identification. Catatlah Computer Name dan workgroupnya. Setelah itu tekan cancel.
Entire Network : Client  to Client
8.    Pada ikon Network Neighborhood klik 2 kali. Setelah itu akan muncul dialog Network Neighborhood. Pada dialog tersebut akan terlihat komputer-komputer client lainnya (jika belum kelihatan lapor pada asisten atau administrator). Simpan dialog ini pada clipboard dengan cara klik satu kali dialog tersebut, kemudian tekan alt-printscreen bersamaan. Setelah itu buka wordpad atau MSWord dan keluarkan hasilnya dengan menekan ctrl-v bersamaan. Simpan file tersebut untuk laporan saudara.
9.   
Catatan : Setelah melaksanakan instruksi nomer 8 dan 9 saudara mempunyai 2 buah data dialog yang berkenaan dengan daftar client dan workgroupnya

 
Pada dialog Network Neighborhood klik ikon Entire Network satu kali. Setelah itu simpan dialog tersebut pada MSWord atau Word Pad dengan cara sebagaimana no 8 di atas.


Perintah-perintah pada network
10. Bukalah windows console (Start-Program-MS-DOS Prompt), kemudian maksimalkan
11. Lakukan proses uji sendiri dengan mengetikkan perintah
           Ping 127.0.0.1     <enter>
Catat hasilnya. Kemudian lakukan dengan IP yang lain (komputer teman saudara), lakukan minimal 5 kali untuk alamat IP yang berbeda
12. Lakukan perintah ping dengan menggunakan nama komputernya (host), catat hasilnya. Dan lakukan minimal 5 kali untuk host yang berbeda
13. Apa kesimpulan saudara tentang perintah ping tersebut
Perintah NET dan NETSTAT
14. Ketikkan NET TIME \\(nama host) kemudian catat hasilnya
15. Ketikkan NET VIEW kemudian catat hasilnya
16. Ketikkan NET CONFIG kemudian catat hasilnya
17. Ketik NETSTAT /? Kemudian amati hasilnya
18. ketik NETSTAT –a, kemudian catat hasilnya
19. Lakukan hal yang sama untuk –e, -n, -s dan –r
Client To Server
20. Dengan perintah PING, NET dan NETSTAT ulangi langkah 11 sampai dengan 19 untuk komunikasi dengan server (nama server, IP address server dapat saudara tanyakan langsung pada asisten atau administrator)

No comments: